-->

Konsep Dasar Pada 5 S

Konsep 5 S pada dasarnya merupakan proses perubahan sikap dengan menerapkan penataan, kebersihan dan kedisiplinan di temapat kerja. Dengan menerapkan prinsip A place for everything, and everything in its place, maka setiap anggota organisasi dibiasakan bekerja dalam lingkungan kerja dengan standar tempat yang jelas (Hirano, 1992:9).

Konsep 5 S yang merupakan bagian dari konsep kaizen(改善), memiliki arti penyempurnaan yang berkesinambungan  baik dalam kehidupan pribadi, dalam keluarga, lingkungan sosial maupun di tempat kerja (Imai, 1992:VIII).

Konsep 5 S merupakan budaya tentang bagaimana seoseorang memperlakukan tempat kerjanya secara benar. Bila tempat kerja tertata rapi, bersih, tertib maka kemudahan bekerja perorangan dapat diciptakan. Dengan kemudahan bekerja ini, empat bidang sasaran pokok industri yang meliputi:
ƒ Efisiensi Kerja

ƒ Produktifitas Kerja

ƒ Kualitas Kerja, dan

ƒ Keselamatan Kerja dapat lebih mudah dipenuhi.

Pemenuhan bidang sasaran pokok ini merupakan syarat bagi industri dalam bertumbuh kembang secara wajar. Manfaatnya jelas, bukan saja bagi perusahaan, namun juga bagi karyawan (Kristianto,1995:4).

Sebelum kegiatan 5 S dimulai hal yang pertama harus dilakukan adalah mengambil foto di sekeliling tempat kerja. Hal ini akan sangat berguna sebagai perbandingan bilamana 5 S dilaksanakan sepenuhnya (Hirano, 1992:12).
Sedangkan menurut  5 S dalam Softech (2007) 5 S ialah :

5Sとは、「整理(Seiri)」、「整頓(Seiton)」、「清掃(Seisou)」、
「清潔(Seiketsu)」、「仕付(Shitsuke)」のことです。これらの一つ 一つの言葉は、日常生活において、よく耳する言葉だと思います。し
かし、これらを「5S」としてみるときに、一般的な意味とは異なっ てきます。それぞれの5Sとしての意味は、以下のようになります。

Terjemahan :

5 S adalah kepanjangan dari, Seiri, Seition, Seiso, Seiketsu, Shitsuke adalah pelatihan. Hal ini menjadi satu istilah, tetapi biasanya pengertiannya menjadi bias dalam kehidupan sehari- hari. Demikian juga dengan pemahaman artinya.

整理は必要なものと不必要なものを区別し、不必要なものは処分する こと。整頓は必要なものをすぐ使えるよう、身の回りを整えておくこ と。清掃は職場および身の回りをきれいにすること。清潔は3S(整理、 整頓、清掃)を維持すること。躾は決められたルールを守ること5Sは、 企業経営において重要な土台となるもので。5Sを行っていくこで、 生産効率のアップ、事故の防止などに役立ちます。


Terjemahan :

Seiri ialah proses memilah terhadap barang-barang yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan, Sedangkan kegiatan seiton ialah kegiatan yang membuat langsung dapat menggunakan barang atau alat yang diperlukan karena barang dan alat tersebut sudah tersusun dengan baik. Sedangkan seiketsu ialah kegiatan untuk menjaga 3 S yaitu seiri, seiton, seiso. Shitsuke ialah kedisiplinan untuk mematuhi aturan 5 S, dan merupakan fondasi yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Bila 5 S dilaksanakan maka efisiensi produksi akan meningkat, serta berguna untuk terhindar dari kecelakaan.

0 Response to "Konsep Dasar Pada 5 S "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel