-->

TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP - Untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkanberarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh atau fungsi alat tubuhnya. Makhluk hidup yang memliliki ciri yang sama dikelompokkan dalam satu golongan. Contoh klasifikasi makhluk hidup adalah : 

1. Berdasarkan ukuran tubuhnya. 
Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi pohon, perdu, dan semak. 

2. Berdasarkan lingkungan tempat hidupnya. 
Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di lingkungan kering (xerofit), tumbuhan yang hidup dilingkungan air (hidrofit), dan tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab (higrofit). 
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

3. Berdasarkan manfaatnya. 
Contoh: Tumbuhan dikelompokkan menjadi tanaman obat-obatan, tanaman sandang, tanaman hias, tanaman pangan dan sebagainya 

4. Berdasarkan jenis makanannya. 
Sistem Klasifikasi dalam Sejarah Perkembangan Taksonomi Tumbuhan Sistem klasifikasi yang ada dalam dunia taksonomi tumbuhan, antara lain: Sistem buatan (sistem artifisial) Tujuan klasifikasi ini untuk mempermudah pengenalan, dasarnya hanya satu atau dua ciri - ciri morfologi yang mudah dilihat. Sistem alami Klasifikasi ini mencerminkan keadaan yang sebenarnya seperti terdapat di alam.

0 Response to "TUJUAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel