Daun Majemuk Menyirip

Daun majemuk menyirip
Daun majemuk menyirip dapat dibedakan dalam beberapa macam:
a. Daun majemuk menyirip beranak daun satu (unifoliolatus). Daun ini terlihat sebagai daun tunggal, tetapi tangkai daun memperlihatkan suatu persendian (articulatio), jadi helaian daun tidak langsung terdapat pada ibu tangkai. Sesungguhnya pada daun ini juga terdapat lebih dari satu helaian daun, hanya saja yang lain-lainya telah tereduksi, sehingga tinggal satu anak daun saja. Daun demikian ini biasanya kita dapati pada berbagai jenis pohon jeruk, ch. jeruk bali (Citrus maxima Merr), jeruk nipis (Citrus aurantifolia Sw), dll.

b. Daun majemuk menyirip genap (abrupte pinnatus). Disini terdapat sejumlah anak daun yang berpasang-pasangan di kanan kiri ibu tulang, oleh karena itu jumlah anak daunnya biasanya genap. Untuk menentukan apakah suatu daun majemuk menyirip genap atau tidak, yaitu jika pada ujung ibu tangkai tidak terdapat suatu anak daun, berarti daun tersebut menyirip genap.
Jadi bias saja satu daun majemuk menyirip genap mempunyai jumlah anak daun yang gasal. Daun majemuk menyirip genap a.l. pada pohon asam (Tamarindus indica L) yang jumlah anak daun benar genap. Yang jumlah anak daunnya gasal ch. pohon leci (Litchi chinensis Sonn.) dan kepulasan (Nephelium mutabile B).

c. Daun majemuk menyirip gasal (imparipinnatus). Diujung ibu tangkai terdapat anak daun yang tersendiri (biasanya anak daun ini lebih besar dari pada yang lainnya), ch. daun pacar cina (Aglaia odorata Lour) dan mawar (Rosa sp).
Gambar  a. Majemuk menyirip genap b. Majemuk menyirip ganjil
Daun Majemuk Menyirip

Gambar  a. Majemuk menyirip genap b. Majemuk menyirip ganjil

Daun majemuk menyirip dapat dibedakan lagi menurut duduknya anak-anak daun pada ibu tangkai dan menurut besar kecilnya anak-anak daun :
a. daun majemuk menyirip dengan anak daun yang berpasang-pasangan, yaitu jika duduknya anak daun pada ibu tangkai berhadap-hadapan.
b. menyirip berseling, jika anak daun pada ibu tangkai duduknya berseling.
c.menyirip berselang-seling (interrupe pinnatus), yaitu jika anak-anak daun pada ibu tangkai berselang-seling pasangan anak daun yang lebar dengan pasangan anak daun yang sempit, ch. pada anak daun tomat (Solanum lycopersicum L).

Pada suatu daun majemuk dapat terjadi anak daun tidak langsung duduk pada ibu tangkainya, melainkan pada cabang ibu tangkai tadi. Daun majemuk ini dinamakan daun majemuk rangkap atau daun majemuk ganda. Sifat ini hanya terdapat pada daun majemuk menyirip.

Daun majemuk menyirip ganda dapat dibedakan atas :
1.majemuk menyirip ganda dua (bipinnatus), jika anak daun duduk pada cabang tingkat satu dari ibu tangkai.
2.  majemuk menyirip ganda tiga (tripinnatusi), jika anak-anak daun duduk pada cabang tingkat dua dari ibu tangakai.
3. majemuk menyirip ganda empat, dst.

Daun menyirip ganda dibedakan lagi atas :
a. menyirip ganda dengan sempurna, yaitu jika tidak ada satu anak daunpun yang duduk pada ibu tangkai (biasanya yang menyirip genap).
b. menyirip ganda tidak sempurna, jika masih ada anak daun yang duduk langsung pada ibu tangkainya (biasanya yang menyirip gasal). Contoh-contoh :
a. Daun majemuk menyirip genap ganda dua dengan sempurna, ch. daun kembang merak (Caesalpinia pucherima Sw) dan daun lamtoro (Leucaena glauca Benth)
b. Daun majemuk menyirip gasal dua tidak sempurna, ch. daun kirinyu (Sambucus javanica Bl).
c. Daun majemuk menyirip gasal rangkap tiga tidak sempurna, ch. daun kelor (Moringa oleifera Lamk).
a. Majemuk menyirip ganda 2 b. Majemuk menyirip ganda 3 c. Majemuk menyirip ganda 4
Daun Majemuk Menyirip
a. Majemuk menyirip ganda 2
b. Majemuk menyirip ganda 3
c. Majemuk menyirip ganda 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daun Majemuk Menyirip"

Post a Comment