-->

Daun Majemuk Menjari (Palmatus atau Diginatus)

Daun Majemuk Menjari (Palmatus atau Diginatus)
Daun majemuk menjari yaitu semua anak daunnya tersusun memencar pada ujung ibu tangkai seperti letaknya jari-jari pada tangan. Berdasarkan jumlah anak daunnya dibedakan sebagai berikut :
  • beranak daun dua (bifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat dua anak daun, ch. Daun nam-nam (Cynometra cauliflora L)
  • beranak daun tiga (trifoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat tiga anak daun, ch. Pada pohon para (Hevea brasiliensis Muell).
  • beranak daun lima (quinquefoliolatus), pada ujung ibu tangkai terdapat lima anak daun, ch. daun maman (Gynandropis pentaphilla D.).
  • beranak daun tujuh (septemfoliolatus), jika ada tujuh anak daun pada ujung ibu tangkainya, ch. daun randu (Ceiba pentandra Gaertn).
Jika daun majemuk menjari mempunyai tujuh anak daun atau lebih, maka dikatakan beranak daun banyak (polyfoliolatus). pada daun randu (Ceiba pentandra Garenthn). Daun majemuk menjari yang bersifat ganda, ch. : majemuk menjari beranak daun tiga ganda dua (biternatus).sebagai contoh Aegopodium sp.
Gambar Daun majemuk menjari

Gambar Daun majemuk menjari

Daun Majemuk Bangun Kaki (pedatus)
Daun ini mempunyai susunan seperti daun majemuk menjari,tetapi dua anak daun yang paling pinggir tidak duduk pada ibu tangkai, melainkan pada tangkai anak daun yang disampingnya.

Daun Majemuk Campuran (Digitatopinnatus)
Daun majemuk campuran adalah daun majemuk ganda yang mempunyai cabang-cabang ibu tangkai memencar seperti jari dan terdapat pada ujung ibu tangkai daun, tetapi pada cabang-cabang ibu tangkai ini terdapat anak-anak daun yang tersusun menyirip. Jadi daun majemuk campuran adalah campuran susunan yang menjari dan menyirip, ch. daun sikejut (Mimosa pudica L). Daun sikejut bukanlah merupakan daun majemuk campuran sejati, tetapi adalah daun majemuk menyirip genap ganda dua yang sempurna. Hanya saja pada daun ini letak kedua pasang ibu tangkainya tadi sedemikian dekat satu sama lain, hingga seakan-akan terdapat empat cabang tangkai pada ujung ibu tangkai daunnya.

0 Response to "Daun Majemuk Menjari (Palmatus atau Diginatus)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel