-->

DAUN (Folium) dan Bagian- bagian Daun

DAUN (Folium)
Bagian tempat melekatnya daun, dinamakan buku-buku (nodus) batang. Dan tempat di atas daun yang merupakan sudut antara batang daun dinamakan ketiak daun (axilla). Daun biasanya tipis melebar, kaya akan suatu zat warna hijau yang dinamakan klorofil, oleh karena itu, daun biasanya berwarna hijau.

Fungsi daun bagi tumbuh-tumbuhan, yaitu sebagai alat untuk:
1.      Mengambil zat-zat makanan (resorbsi), terutama yang berupa gas (CO2).
2.      Mengolah zat-zat makanan (assimilasi)
3.      Menguapkan air (transpirasi)       
4.      Bernafas (respirasi)
Tumbuhan mengambil zat-zat makanan dari lingkungannya. Air beserta garam-garam diambil dari tanah oleh akar, sedangkan gas CO2 diambil dari udara melalui mulut daun (stoma). Zat-zat tersebut diolah menjadi zat organik. Pengolahan zat anorganik menjadi zat organic ini dilakukan oleh daun (sesungguhnya zat hijau daun atau klorofilnya) dengan bantuan sinar matahari. Proses ini disebut dengan assimilasi

Bagian- bagian Daun
Daun yang lengkap mempunyai bagian-bagian berikut:
1. Upih daun atau pelepah daun (vagina),
2. Tangkai daun (petiolus),
3. Helaian daun (lamina).
GGG

Daun tunggal
Daun tunggal

Daun berpelepah

Daun berpelepah

Tumbuhan yang memiliki daun lengkap tidak banyak jenisnya, ch. pisang (Musa paradisiaca L.), pinang (Areca catechu L.), bambu (Bambusa sp), dll. Kebanyakan tumbuhan memiliki daun yang kehilangan satu atau dua bagian dari tiga bagian tersebut. Daun yang demikian dinamakan daun tidak lengkap.

Susunan daun yang tidak lengkap ada beberapa kemungkinan:
1. Hanya terdiri atas tangkai dan helaian saja; disebut daun bertangkai.
Ch.: nangka (Artocarpus integra), mangga (Mangifera indica), dll.
2. Daun terdiri atas upih dan helaian, disebut daun berupih atau daun berpelepah. Ch.: padi (Oryza sativa), jagung (Zea mays), dll.
3. Daun yang terdiri atas helaian saja, tanpa upih dan tangkai, helaian langsung duduk atau melekat pada batang. Daun demikian dinamakan daun duduk (sessilis), seperti pada biduri (Calotropis gigantea). Daun duduk dapat mempunyai pangkal yang demikian lebarnya seakan-akan melingkari batang atau memeluk batang, oleh sebab itu dinamakan daun memeluk batang (amplexi caulis) ch. pada tempuyung (Sonchus oleraceus). Bagian daun yang memeluk batang itu seringkali bangunnya membulat dan disebut telinga daun.
4. Daun hanya terdiri atas tangkai saja, tangkai tadi biasanya lalu menjadi pipih menyerupai helaian daun semu atau palsu, dinamakan: filodia, seperti terdapat pada berbagai jenis pohon Acacia yang berasal dari Australia, ch.: Acacia auriculiformis.
Daun lengkap Daun tidak lengkap Filodia
Tipe-tipe daun

Tipe-tipe daun

Tipe-tipe daun

0 Response to "DAUN (Folium) dan Bagian- bagian Daun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel